http://malaysfreecommunities.webs.com/allah%20muhammad.JPG

Kamis, 22 November 2012

dinosaurus atau manusia yang lebih dulu


Pertanyaan: Duluan mana Dino sama Nabi Adam? Pas meteor menghantam bumi, Nabi Adamnya ke mana? Aku nanya ke ust….tentang Dino, mereka bilang Dinosaurus itu gak ada alias Cuma hayalan manusia aja. Tapi yah Ustadz, kalau misal nyata kok banyak ditemuin kerangka kerangka dino sih ya. Apa itu buatan orang2 Amrik aja ato gimana sih ustad? (Nina)
Jawaban:
 
1.      Sesungguhnya manusia adalah “Produk Akhir” keseluruhan ciptan Allah. Muslim meriwayatkan dalam Shahihnya:
 
عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ أَخَذَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- بِيَدِى فَقَالَ « خَلَقَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ التُّرْبَةَ يَوْمَ السَّبْتِ وَخَلَقَ فِيهَا الْجِبَالَ يَوْمَ الأَحَدِ وَخَلَقَ الشَّجَرَ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَخَلَقَ الْمَكْرُوهَ يَوْمَ الثُّلاَثَاءِ وَخَلَقَ النُّورَ يَوْمَ الأَرْبِعَاءِ وَبَثَّ فِيهَا الدَّوَابَّ يَوْمَ الْخَمِيسِ وَخَلَقَ آدَمَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ بَعْدَ الْعَصْرِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فِى آخِرِ الْخَلْقِ وَفِى آخِرِ سَاعَةٍ مِنْ سَاعَاتِ الْجُمُعَةِ فِيمَا بَيْنَ الْعَصْرِ إِلَى اللَّيْلِ ». (رواه مسلم)
 
Artinya: Allah menciptakan tanah (bumi) pada hari sabtu, menciptakan gunung-gunung di atasnya pada hari ahad, menciptakan pepohonan pada hari Senin, menciptakan yang buruk-buruk pada hari Selasa, menciptakan cahaya pada hari rabu, menciptakan binatang melata padanya pada hari kamis dan menciptakan Adam AS sebagai ciptaan terakhir pada waktu terakhir hari Jum’at yaitu antara asar hingga malam hari”  (HR Muslim).
 
Dari sini dapat diketahui bahwa makhluk kuno sejenis Dino – jika benar ada – lebih dahulu dari Adam AS karena ia termasuk dalam kategori “Dabbah” (binatang melata) yang diciptakan pada hari kamis.
 
2.      Berdasarkan jawaban di atas pula dapat diketahui bahwa saat meteor jatuh memporak-porandakan bumi adalah jauh sebelum Adam diciptakan. 
3.      Zaman Dinosaurus menurut para penemunya – jika pun benar-benar ada – adalah jutaan tahun yang silam. Padahal masa hidup Nabi Adam tidak lebih dari 100.000 (seratus ribu tahun) yang lalu. Maka masa hidup Dinosaurus jauh lebih tua dari masa Adam AS.
4.      Yang namanya berita kemungkinan benar kemungkinan juga salah. Demikian juga soal Dinosaurus ini. sejumlah ilmuwan meyakini kebenarannya berdasarkan bukti penemuan ilmiah. Tetapi tidak sedikit di antara mereka – seperti Harun Yahya – menolak keberadaannya. Percaya atau tidak tidak ada masalah. Hanya saja ketika kita hendak menolak atau menyetujui sebuah karya ilmiyah maka harus menggunakan kaidah dan kajian ilmiah pula. Jika tidak, maka yang paling baik adalah diam dengan tidak memberikan komentar. Allah berfirman:
 
وَلَا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولَئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولًا (الاسراء:36)
Artinya; “Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya” (Al Isra: 36).
 
 
 
KH Syarif Rahmat RA, SQ, MA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar